Vanilla sering kali digunakan sebagai bahan perasa dari makanan atau minuman, obat-obatan maupun suplemen bahkan hingga parfum. Rasanya yang unik dan enak membuat banyak orang suka dengan vanilla untuk dijadikan bahan campuran masakannya. Dan kali ini yang akan diulas adalah manfaat Vanilla bukan dari sisi rasa, akan tetapi, manfaat vanilla dari sisi kesehatan. Seperti apa manfaatnya ? silahkan simak informasinya.
Vanila adalah sejenis tanaman tropikal yang banyak dijumpai di Mexico, Tahiti dan Amerika Utara. Tanaman ini tidak hanya digunakan untuk bahan masakan tetapi juga untuk kesehatan.

Kesehatan Jantung

Melalui penelitian diketahui vanila dapat menurunkan kadar kolesterol untuk mencegah inflamasi pada arteri dan pembekuan darah. Oleh karenanya vanili dipercaya dapat mengurangi resiko penyakit jantung dan stroke.

Sebagai Anti Bakteri

Pada Journal of Food Protection edisi 2011 disebutkan vanili memiliki zat anti bakteri yang mampu menghadapi bakteri Cronobacter yaitu bakteri yang menyerang bayi.Vanili juga digunakan untuk mengobati jerawat yang biasanya disebabkan oleh bakteri Propionibacterium acnes.

Sebagai Antioksidan

Vanili memiliki zat-zat yang bersifat antioksidan dan anti inflamasi. Zat-zat tersebut dapat menjaga sel-sel tubuh dari kerusakan dan dapat mengobabti peradangan yang terjadi pada kulit. Oleh karena itu vanila juga bagus untuk merawat kesehatan kulit secara keseluruhan.

Merawat Rambut

Vanila tidak hanya memiliki aroma yang harum, namun vanila juga dapat mengobati kerontokan rambut. Vanila dapat menyehatkan dan memperkuat rambut.

Sebagai Anti Depresan

Aromanya yang kuat dapat mempengaruhi kerja dari syaraf sehingga seseorang menjadi lebih tenang dan terbebas dari stress. Oleh karenanya vanila sering digunakan pada aromatherapy.

Menurunkan Berat Badan

Vanila mengandung zat yang dapat menahan nafsu makan, oleh karenanya vanila bisa digunakan untuk diet, selain daripada itu, vanila juga dapat menurunkan kadar kolesterol sehingga metabolisme tubuh dapat terjaga dengan baik.

Mengatasi Batuk

Ketika anda mengalami batuk,anda dapat menggunakan vanila dicampur dengan air hangat. Hal ini dapat meredakan batuk dan sifat anti bakteri dari vanila akan mengurangi inflamasi dan iritasi.

sumber : doktersehat.com
crystalspring
livestrong.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *