Indonesia (covid19.go.id)

Dikonfirmasi
74,018
+1,671
Meninggal
3,535
+66
Sembuh
34,719
Dirawat
35,764
Last updated: July 11, 2020 - 11:58 am (+00:00)

INDONESIA (covid19.go.id)

Dikonfirmasi
74,018
+1,671
Meninggal
3,535
+66
Sembuh
34,719
Dirawat
35,764
Last updated: July 11, 2020 - 11:58 am (+00:00)

Manfaat Polifenol Kesehatan Tubuh Manusia

Testimoni Gizi Buruk, Christye N Tumey

Anak saya terlahir premateur ketika masih berusia 6 bulan dalam kandungan. Saat lahir berat badannya hanya 1.1Kg dan harus dirawat di inkubator selama 48...

Tertimoni Seseorang M, Bebas Covid-19

Saat saya mengikuti pendidikan bersama dengan kurang lebih 1000 siswa lainnya, berkembang isu ditempat pendidikan tersebut ada siswa yang terindikasi virus Covid-19. Hal ini...

Testimoni Huriati, Kegemukan

Pada tahun 2017, saya dinyatakan obesitas atau kegemukan, karena berat badan daya mencapai 93.5Kg. Akibat dari obesitas tersebut, saya menderita pengapuran pada sendi selama...

Testimoni Nn D, Terindikasi Covid-19

Selamat pagi, saya mau bercerita tentang pengalaman terindikasi Covid-19. Awalnya saya dan ibu hampir setiap hari kepasar karena berjualan makanan secara online. Saat Ramadhan...

Manfaat Polifenol (polyphenol) yang merupakan senyawa alami pada tumbuhan yang sangat berperan penting bagi kesehatan tubuh manusia. Peranannya didalam tubuh manusia sebagai agen antioksidan yang mampu menurunkan risiko terkena berbagai penyakit akibat radikal bebas. Caranya sangat sederhana untuk mendapatkan manfaatnya, yaitu dengan mengkonsumsi makanan sehat.

Manfaat Polifenol Melawan Radikal Bebas

Berdasarkan informasi yang didapat dari alodokter.com dan berbagai sumber lainnya seperti webMD.com dan MIMS.com serta buku “Rahasia Kekayaan Alam Untuk Kesehatan”, ternyata polifenol bermanfaat dalam mencegah terjadinya kerusakan sel tubuh akibat adanya paparan radikal bebas. Partikel radikal bebas yang menyerang manusia ini, terbentuk secara alami akibat proses metabolisme yang tidak sehat, seperti asap rokok, alkohol dan makanan kemasan yang tidak sehat maupun bentukan lainnya.
Selain itu manfaatnya yang paling utama adalah untuk mengembalikan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga mampu melawan radikal bebas yang mengganggu kesehatan manusia. Tentunya hal ini berdasarkan atas berbagai penelitian menyatakan bahwa polifenol sangat bermanfaat sebagai pelindung tubuh manusia.

Sumber dan jenis dari Polifenol

Manfaat Polifenol
Manfaat Polifenol bagi kesehatan tubuh manusia

Polifenol banyak sekali ditemukan pada makanan dan minuman sehat ataupun beberapa suplemen yang banyak direkomendasikan, seperti :

  • Pollennergy 520 yang memiliki nilai ORAC (Oxygen Radical Absorbance Capacity) sebesar 247.
  • HDI Propoelix memiliki nilai ORAC sebesar 21.921
  • Bee Propolis memiliki nilai ORAC sebesar 9.674

Bandingkan saja nilai ORAC dengan buah segar, misal Mangga – ORAC : 3, Pisang – ORAC : 5, Apel – ORAC : 14, dan Blueberry – ORAC : 32.
Berikut ini beberapa jenis Polifenol yang perlu kita ketahui :

  • Antosianin, merupakan salah satu jenis polifenol yang baik bagi kesehatan, berwujud Warna warni pada beragam jenis buah dan sayuran. Hal ini dikarenkan adanyakandungan zat antosianin, yang nampak indah dipandang mata.
  • Asam fenolik, banyak terdapat pada kopi dan teh. Yang merupakan golongan asam fenolik adalah stilben dan lignan yang banyak ditemukan pada buah-buahan, biji-bijian, dan gandum utuh.
  • Flavonoid adalah kelompok pigmen yang ada pada tumbuhan. Sekitar 60 persen polifenol termasuk ke dalam kelompok flavonoid. Beberapa contoh zat yang termasuk dalam antioksidan flavonoid adalah flavon, isoflavon, antosiadin, quersetin, kaempferol, catechin, dan antosianin.
    Flavonoid bisa ditemukan dalam buah-buahan dan sayuran serta makanan tinggi antioksidan, seperti apel, jeruk, anggur, mangga, srikaya, bawang, talas, sawi, bayam, serta teh hijau dan coklat hitam.
  • Amida polifenol, dapat ditemukan pada capsaicin pada cabai dan avenanthramides pada oat atau gandum. Selain sebagai antioksidan, amida polifenol juga memiliki efek untuk mengurangi peradangan.

Adapun beberapa jenis polifenol lainnya adalah resveratrol yang terdapat pada minuman anggur merah atau wine, ellagic acid pada buah berry, curcumin pada kunyit, dan lignan yang terdapat biji rami, biji wijen, serta gandum utuh.

Manfaat Polifenol Bagi Kesehatan Tubuh

Polifenol merupakan salah satu jenis antioksidan memiliki efek mengurangi akibat radikal bebas, untuk memelihara kesehatan tubuh, serta mengurangi risiko terkena beberapa penyakit kronis. Bukan hanya itu saja, ternyata polifenol juga memiliki manfaat yang luar biasa, di antaranya:
1. Mencegah penyakit kardiovaskular
Beberapa studi menyatakan bahwa polifenol dapat menurunkan tekanan darah dan kolesterol jahat (LDL), serta meningkatkan kolesterol baik (HDL).
Efek ini terlihat dapat mencegah pembentukan plak atau sumbatan pada pembuluh darah (aterosklerosis), sehingga risiko terkena penyakit kardiovaskular dapat berkurang.

2. Menurunkan gula darah
Berbagai penelitian menunjukkan bahwa pola makan sehat yang banyak mengonsumsi antioksidan memiliki efek yang baik untuk mengurangi risiko terkena diabetes.
Polifenol dapat membantu menurunkan kadar gula darah serta mendorong tubuh untuk memproduksi insulin dan menggunakannya dengan lebih efektif. Efek ini membuat kadar gula darah bisa menjadi lebih stabil. Efek ini menjadikan polifenol sebagai salah satu asupan yang baik untuk mencegah diabetes melitus.

3. Menurunkan risiko kanker
Polifenol dapat menekan pembentukan dan perkembangan sel kanker karena perannya sebagai penangkal radikal bebas dan mengurangi peradangan di dalam tubuh.
Akan tetapi, dibutuhkan studi lebih lanjut untuk membuktikan manfaat polifenol secara umum sebagai pencegah kanker dan menentukan seberapa banyak dosis polifenol yang diperlukan.

4. Meningkatkan daya ingat
Konsumsi makanan kaya akan polifenol dapat membantu meningkatkan konsentrasi dan daya ingat. Hal ini karena polifenol diketahui dapat meningkatkan aliran darah ke otak.
Studi menyatakan bahwa pola makan yang kaya akan polifenol dapat mengurangi risiko terkena penurunan daya ingat dan penyakit pada otak terkait faktor usia, seperti demensia, penyakit Alzheimer, serta penyakit Parkinson.

5. Menjaga kesehatan pencernaan
Polifenol dapat meningkatkan pertumbuhan bakteri baik di dalam usus dan membantu bakteri baik tersebut untuk melawan bakteri berbahaya, seperti E. coli dan Salmonella. Dengan demikian, kesehatan pencernaan dapat selalu terjaga jika rutin mengonsumsi makanan yang kaya akan polifenol.
Selain beberapa manfaat di atas, polifenol juga diketahui baik untuk memelihara kesehatan mata, kulit, menjaga fungsi metabolisme tubuh, dan menambah angka harapan hidup. Akan tetapi, beberapa manfaat ini masih membutuhkan pembuktian melalui penelitian lebih lanjut.

Cara terbaik untuk mendapatkan manfaat polifenol adalah dengan mengonsumsi makanan sehat. Selain dari makanan, polifenol juga tersedia dalam bentuk suplemen. Akan tetapi, belum jelas apakah suplemen polifenol sama efektifnya dengan kandungan yang ditemukan dalam makanan.

Dengan menjalani gaya hidup dan pola makan yang sehat, asupan polifenol sehari-hari sebetulnya sudah tercukupi. Namun jika Anda memiliki masalah kesehatan tertentu atau asupan gizi Anda kurang, mungkin akan dibutuhkan konsumsi suplemen yang mengandung polifenol.

Dapat Diskon Mau?

Dapatkan diskon 20% hingga 30% untuk setiap produk kesehatan alami dari High Dessert International yang menjadi solusi tepat kesehatan Anda. Caranya sangat sederhana, Anda Cukup mendaftarkan diri sebagai Member HDI yang sekaligus dapat dimanfaatkan sebagai Agen HDI Reseller Online. Solusi sehat alami dan sejahtera dalam satu langkah.

FORM REGISTRASI ONLINE

Hallo, Saya Halim Perdana Kusuma selaku Distributor Online herbalbagus.com,
sangat senang bisa mendaftarkan Anda menjadi Anggota HDI INDONESIA
Untuk mendapatkan diskon setiap pembelian produk HDI sebesar 20% hingga 30%

Dengan siapa saya berinterakasi? (Nama Lengkap)

Untuk memudahkan pelayanan yang lebih luas dan lebih cepat, Kami hadir melayani Anda melalui penjualan online produk per-lebah-an dari High Dessert International di seluruh kota dan kabupaten Indonesia, yaitu :

Lindungi Diri Anda dan Saat Era New Normal

Bagaimana status covid 19 dunia terkini? dapatkan informasinya terkini mulai dari status covid 19 Australia, Amerika covid-19 status hingga status covid 19 indonesia. Silahkan klik link berikut untuk mendapatkan informasinya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Andapun bisa berbisnis online bersama kami menjadi Reseller Online produk per-labah-an dari High Dessert International,
Hubungi segera :

Halim Perdana Kusuma
Distributor Online Herbalbagus.com
Distributor ID HDI : I001196704D

Jerawat dan Cara Mengobatinya Secara Alami

Jerawat adalah suatu kondisi kronis pada kulit yaitu peradangan yang menimbulkann bisul yang memiliki permukaan hitam, putih dan berbintik-bintik. Muncul terutama di daerah wajah,...

Pilek Alergi atau Pilek Infeksi, Apa Bedanya?

Pilek alergi paling sering dialami oleh siapapun. Hampir semua orang pernah mengalami pilek. Umumnya pada saat mengalami pilek, hidung berair, tersumbat, terasa gatal hingga...

Virus Corona, Gejala dan Pengobatannya

Virus Corona atau istilah ilmiahnya severe acute respiratory syndrome coronavirus 2 (SARS-CoV-2) merupakan bentuk virus yang menyerang langsung pada sistem pernapasan. Umumnya penyakit yang...

Kegemukan dan Cara Mengatasinya

Kegemukan alias obesitas adalah terjadinya penumpukkan lemak yang tidak normal atau berlebihan di dalam tubuh (halosehat.com). Kelebihan berat badan adalah hal yang sulit dihindari...

Asam Urat, Penyebab dan Pengobatannya

Asam urat atau Gout merupakan penyakit yang menyerang persendian. Hal ini terjadi akibat terlalu tingginya kadar asam urat didalam darah. Pada kondisi normal, asam...

Leukosit Rendah, Penyebab dan Solusinya

Leukosit rendah atau yang lebih dikenal dalam istilah medis sebagai leukopenia merupakan kondisi yang menunjukkan jumlah sel darah putih di dalam tubuh terjadi penurunan...

Perlu Anda Ketahui

- Advertisement -