Kurang Darah Menyebabkan Gagal Jantung, Waspadalah!

Kurang darah atau yang lebih dikenal anemia merupakan suatu keadaan tubuh mengalami kekurangan sel darah merah (bukan kekurangan sel darah putih) yang sehat atau pada saat sel darah merah tidak berfungsi dengan baik. Kondisi ini mengakibatkan, organ tubuh tidak mendapatkan asupan oksigen yang cukup, sehingga mengakibatkan penderita anemia mengalami pucat dan mudah lelah setiap harinya, yang merupakan tanda tanda kurang darah.

Berbeda kondisinya dengan darah rendah. Seperti yang kita ketahui, penyakit kekurangan darah disebut anemia, berbeda dengan darah rendah. Perbedaan darah rendah dan kurang darah adalah darah rendah atau hipotensi terjadi karena tekanan darah di dalam arteri rendah atau berada di bawah batas normal, yaitu hasil pengukuran tekanan darah di bawah 90/60 mmHG. Sedangkan anemia adalah kondisi yang terjadi karena tubuh kurang hemoglobin, sel darah merah.

Akibat Kurang Darah atau Anemia

Anemia umumnya mengakibatkan gejala berupa lesu, sering mengantuk, pandangan tidak jelas, pusing, dan wajah terlihat pucat. Apabila tidak cepat diobati, anemia dapat memicu gangguan jangka panjang, seperti:

  • Gagal jantung adalah salah satu ancaman yang menakutkan apabila keluhan anemia tidak segera ditangani. Pasalnya, karena kondisi ini menngakibatkan jantung akan bekerja lebih keras memompa darah untuk memenuhi kebutuhan oksigen di seluruh tubuh. Apabila hal ini berlangsung lama, maka jantung tidak mampu lagi berkontraksi dengan baik dan akan mengakibatkan gagal jantung. Jani, mulai saat ini, jangan pernah mengabaikan amenia. Walaupun sering hadir tanpa diketahui, penyakit ini dapat menyebabkan kematian pada penderitanya. berhati-hatilah!
  • Mengganggu kesehatan reproduksi pada wanita usia remaja dan dewasa, anemia dapat mengganggu kesehatan reproduksi dalam jangka panjang. Wanita yang mengalami anemia lebih rentan terjadinya komplikasi saat hamil dan bersalin. Komplikasi yang sering muncul dapat berupa persalinan prematur, keguguran, bayi lahir dengan berat badan rendah, dan perdarahan setelah persalinan. Mencegah lebih baik dari pada mengobati.
  • Kecerdasan dan performa bekerja, menurun. Anemia kronis pada anak yang mengalami anemia, terbukti memiliki IQ yang lebih rendah. Sedangkan bagi mereka yang sudah bekerja, kondisi ini menyebabkan keluhan mudah mengantuk dan sulit berkonsentrasi, sehingga menurunkan performa kerja secara langsung.
  • Hambat tumbuh kembang anak, karena anemia rentan mengakibatkan terjadinya gangguan pertumbuhan pada anak. Ini khususnya pada kasus kurang darah akibat kekurangan zat besi. Karena zat besi itu sendiri sangat penting untuk menunjang pertumbuhan sel anak. Biasanya, anak yang mengalami kasus ini mengalami berat badan yang tidak kunjung naik, dan nafsu makannya menurun.

Penyebab Anemia

Penyebab kurang darah bisa disebabkan banyak hal, diantaranya :

  • Kekurangan zat besi, vitamin B12, atau asam folat
  • Penyerapan nutrisi makanan tidak optimal karena thalassemia atau penyakit sel sabit
  • Gangguan sumsum tulang
  • Efek samping obat Katup jantung bermasalah
  • Infeksi seperti malaria dan septikemia
  • Banyak kehilangan darah karena kecelakaan, operasi, tukak lambung, haid berat, kanker
  • Gangguan autoimin
  • Penyakit diabetes, artritis, dan TBC
  • Hipotiroidisme
  • Pubertas atau kehamilan

Pada saat seseorang mengalami anemia, jantung akan bekerja lebih keras untuk memompa darah dan mendaparkan asupan oksigen yang cukup.

Apa Saja Gejala Kurang Darah

Beberapa hal yang menjadi ciri2 kurang darah yang umum di antaranya: kulit pucat, lemah, mudah lelah, Sesak napas, sakit kepala, jantung berdebar, susah konsentrasi dan lidah pecah-pecah atau memerah. Selain itu kehilangan selera makan juga terjadi pada beberapa orang yang rentan mengalami anemia, di antaranya wanita yang sedang haid, ibu hamil, dan ibu menyusui. Bayi lahir prematur, remaja yang sedang puber, pelaku diet vegan, penderita kanker dan penyakit kronis, serta atlet juga rentan terjadi anemia.

Makanan Untuk Kurang Darah

Image credit : alodokter.com

Ada beberapa sumber makanan kaya zat besi yang dapat Anda konsumsi, antara lain:

  • Makanan dari laut, seperti tiram, kerang, kepiting, dan udang, baik untuk dikonsumsi sebagai makanan penambah darah. Selain itu, beberapa jenis ikan, seperti tuna, ikan kembung, dan salmon juga kaya akan kandungan zat besi. Namun disarankan untuk tidak berlebihan karena kemungkinan terjadi kontaminasi logam berat yang ada dilaut.
  • Kacang-kacangan, jenis tertentu bisa menjadi sumber zat besi, seperti kacang mete, kacang kedelai, biji labu, dan biji bunga matahari. Selain sebagai sumber zat besi, kacang dan biji-bijian juga merupakan sumber kalsium yang tinggi.
  • Sereal, merupakan sumber makanan penambah darah yang baik dikonsumsi untuk meningkatkan asupan zat besi harian Anda. Pilihlah sereal yang telah diperkaya dengan berbagai nutrisi, seperti zat besi, protein, dan karbohidrat. Selain itu, hindari sereal yang menggunakan gula tambahan.
  • Jeroan, merupakan sumber zat besi hewani juga dapat ditemukan pada jeroan atau organ dalamnya, seperti hati, ginjal, otak, dan jantung. Meski demikian, jeroan sebaiknya tidak dikonsumsi secara berlebihan untuk mencegah kolesterol tinggi. Bagi ibu hamil, HINDARI konsumsi jeroan, terutama hati, karena berisiko menimbulkan komplikasi pada kehamilan.
  • Daging merah dan unggas merupakan sumber zat besi hewani yang disarankan sebagai makanan penambah darah. Di dalam 100 gram daging merah, seperti daging sapi dan daging kambing, terdapat sekitar 2,7 mg zat besi. Nah, dengan mengonsumsi daging merah, Anda sudah bisa memenuhi setidaknya 15 persen asupan zat besi harian. Sementara itu, mengonsumsi 100 gram daging unggas, seperti ayam dan bebek, dapat memenuhi sekitar 13 persen asupan zat besi harian Anda.
  • Sayuran berwarna hijau, seperti bayam dan brokoli, dikenal sebagai makanan penambah darah yang baik untuk Anda konsumsi setiap hari. Selain kaya akan zat besi, sayuran hijau tersebut juga memiliki kandungan vitamin C yang dapat membantu tubuh menyerap zat besi.
Selain makanan yang disebut diatas, dapat pula konsumsi herbal bagus khusus untuk menambah darah hindari anemia, seperti berikut ini.
Vitamin Zat Besi Ferrochel Iron, California Gold Nutrition

Vitamin Zat Besi Ferrochel Iron, California Gold Nutrition

Vitamin Zat besi bermanfaat untuk cegah kelelahan, sembuhkan anemia, sangat baik bagi ibu hamil, tingkatkan kekuatan otot, tingkatkan kekebalan tubuh, tingkatkan konsentrasi serta perbaiki kualitas tidur Anda. Merupakan mineral penting sebagai komponen hemoglobin yang membantu membawa oksigen dari paru-paru ke seluruh jaringan tubuh dan berperan

READ MORE »
Vitamin C California Gold Nutrition – Gold C™

Vitamin C California Gold Nutrition – Gold C™

Vitamin C California Gold Nutrition merupakan vitamin C 1000mg yang bermanfaat membantu memperkuat daya tahan tubuh, menjaga kesehatan kulit, mendukung agar fungsi otak bekerja normal, mempercepat penyembuhan luka, membantu program diat Anda, menjaga kesehatan jantung, membantu penyerapan zat besi yang berfungsi membawa oksigen ke seluruh

READ MORE »

Semoga informasi ini bermanfaat, apabila ada keluhan berlanjut, segera hubungi dokter Anda.

PERHATIAN
    • Overdosis tidak disengaja pada produk yang mengandung zat besi adalah penyebab utama keracunan fatal pada anak di bawah 6 tahun. Jauhkan produk ini dari jangkauan anak-anak. Jika terjadi overdosis yang tidak disengaja, segera hubungi dokter atau Unit Gawat Darurat.
    • Jauhkan dari jangkauan anak-anak. Wanita hamil atau menyusui, orang sakit kronis, lansia, individu di bawah usia 18 tahun, mereka yang menggunakan obat resep (misalnya, obat kardiovaskular) serta mereka dengan kondisi medis yang didiagnosis oleh dokter harus berkonsultasi dengan dokter, apoteker, naturopath atau lainnya. profesional perawatan kesehatan yang berkualifikasi sebelum mengonsumsi suplemen makanan.
    • Disegel untuk perlindungan Anda. Jangan gunakan jika segel hilang atau rusak. Paling baik disimpan pada suhu ruang terkontrol 20 ° C hingga 25 ° C (68 ° F hingga 77 ° F). Kondisi penyimpanan yang tidak tepat, seperti paparan sinar matahari langsung, panas & kelembaban tinggi dapat menyebabkan degradasi produk dari waktu ke waktu.
    Referensi
    • Cegah Anemia dengan Makanan Penambah Darah : alodokter.com
    • Perbedaan Kurang Darah dan Darah Rendah : kompas.com
    • Suplemen dan Vitamin Penambah Darah untuk Mengatasi Anemia : halodoc.com

Disclaimer

Informasi yang tersaji di HerbalBagus.com ini tidak dimaksudkan untuk memberikan diagnosis, perawatan, atau nasihat medis. Konten yang disediakan di blog ini hanya bertujuan memberikan informasi manfaat dari suplemen kesehatan Omega 3.
Silakan berkonsultasi dengan dokter atau profesional perawatan kesehatan lainnya, apakan omega 3 dari fish oil atau krill oil, sesuai dengan diagnosis medis atau kesehatan terkait atau pilihan perawatan kesehatan Anda.
Informasi di blog ini tidak boleh dianggap sebagai pengganti nasihat dari profesional perawatan kesehatan. Klaim yang dibuat tentang produk tertentu di seluruh blog ini tidak bisa dijadikan dasar untuk mendiagnosis, mengobati, menyembuhkan, atau mencegah penyakit, karena harus disesuaikan dengan kondisi tubuh Anda saat ini.